Cara Mengatasi Layar Desktop Yang Blank Atau Kosong


error


- Apakah kamu pernah mengalami, saat menyalakan pc-mu, tetapi dilayar desktopmu yang tampil hanya wallpaper saja, blank, tidak ada tombol start, ataupun icon-icon menu program yang biasanya tampil. Hal inilah yang baru saja saya alami, bingung ga tau harus diapain. Saya coba atasi dengan menekan tombol restart, tetapi hasilnya nihil, tetap saja tampilan desktopnya hanya berupa wallpaper. Setelah merenung hehe.. ngga ding.. setelah tanya kanan kiri dan tak lupa tanya sama mbah gugel, akhirnya ketemu juga cara mengatasinya.

- Layar desktop bisa blank jika explorer.exe yang kamu miliki telah hilang atau rusak. penyebabnya adalah virus, ketika komputer di scan menggunakan antivirus, explorer.exe ikut tertangkap oleh antivirus tersebut dan ikut hilang bersama virus-virus lain. Yang terjadi adalah layar desktop menjadi kosong, semua ikon desktop menjadi hilang, tombol start hilang entah kemana, bahkan tombol windows di keyboard tidak dapat mengatasi hal ini.

- Yang dapat kamu lakukan dalam keadaan ini, kamu harus memunculkan kembali explorer.exe di komputer kamu. ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membukanya. Beberapa diantaranya menggunakan Task Manager, untuk memunculkan task manager, tekan saja CTRL+ALT+DELETE secara bersama-sama Atau CTRL+SHIFT+ESC.

catatan : ketika komputer kamu hang, kamu juga bisa menggunakan task manager untuk mengatasinya. dengan cara, lihat di status, jika ada tulisan “not responding” maka klik progam disamping tulisan itu dan klik “End Task”.

Beberapa cara untuk mengatasi desktop blank dengan task manager adalah :

1. Coba menjalankan explorer.exe
Klik New Task>>Ketikkan Explorer.exe>>Klik OK

2. Jalankan system restore untuk mengembalikan pada kondisi tanggal sebelumnya.
Klik New Task>>Browse>>C:\Windows/system32/restore/rstrui.exe>>Klik OK

3. Untuk membuka program atau file.
Klik New Task>>Browse>>cari program di C:\program files, atau dimana file kamu tersimpan>>klik OK.

4. Scan computer menggunakan antivirus yang update.
Untuk scan dengan antivirus, disarankan dijalankan pada “SAFE MODE”. Setelah pada kondisi safe mode >> buka task manager,Klik New Task >> Browse >> C:\program files/”antivirus yang terinstall”>>klik OK.

5. Mengganti nama / me-rename file explorer.exe.
Copy file explorer.exe dari computer lain, kemudian rename dengan nama sesuka anda, misal “sobat.exe” (tanpa tanda petik), kemudian paste di C:\Windows dikomputer yang bermasalah. (Cara pastenya tentu juga menggunakan task manager). Pada jendela task manager, klik New Task>>ketikkan regedit. Maka muncullah jendela registry Editor. Masuk pada HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows NT\Current Version\Winlogon. Pada jendela sebelah kanan, klik ganda “shell” kemudian ganti value datanya dari explorer.exe menjadi sobat.exe (sesuai dengan nama yangtelah anda buat tadi) >> klik OK tutuplah registry editor, dan kemudian restart computer.

6. Repair dengan menggunakan CD windows anda.
Jika masih belum bisa atau masih terjadi trouble, lakukan repair dengan menggunakan cd windows yang shobat punya.

7. Cara yang paling akhir mujarab dan aman, adalah dengan install ulang windows anda.
Saran : gunakan antivirus yang selalu update dikomputer anda dan buatlah restore point untuk berjaga-jaga kalau windows rusak atau crash.

Semoga membantu.



0 komentar "Cara Mengatasi Layar Desktop Yang Blank Atau Kosong", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar

Dengan mengirimkan komentar anda, anda telah menghargai postingan saya.

Kalo anda tidak punya akun, klik 'ANONIM / Anonymous' aja..

Mohon jangan masukkan kata kata yang tidak pantas karena komentar tidak saya moderasi!
by: RMS TUTORIAL

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
MASUKKAN ALAMAT EMAIL ANDA KE DALAM UNTUK BERLANGGANAN..... GRATIS KOK....!!!
Subscribe to RMS TUTORIAL by Email